Kamis, 03 Juli 2014

BUDAYA YANG MEMBUDAYAKAN BUDAYA

By: Eka Rimawati

Budaya, sesuatu yang kerap melekat dalam kehidupan sehari-hari. Entah itu disebut sebagai kebiasaan atau sebuah kepercayaan atas perilaku keibasaan. Jika terbiasa maka seseorang akan dengan mudah mnjalaninya, dalam arti sebaliknya akan sulit juga meninggalkannya.

Budaya mencintai lingkungan, tampaknya kurang mendapat perhatian dari banyak kalangan masyarakat.Kecintaan terhadap lingkungan dapat dimulai dengan hal-hal yang sederhana. Semisal membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon disekitar rumah dan membuat taman keil penampung air di sekitar rumah. Cara yang lebih tren digunakan untuk kemudahan kampanye akhir-akhir ini ada Reuse, reduce dan recycle. Reuse: Menggunakan kebali barang-barang yang masih mungkin bisa dan layak digunakan, Reduce: Mengurangi penggunaan barang-barang yang bisa menyebabkan sampah, atau juga mengurangi penggunaan barang-barang atau bahan yang bisa membahayakan lingkungan. Recycle: Mendaur ulang sampah untuk bisa dijadikan sebagai barang-barang yang bermanfaat dan berharga.

Membudayaan Reuse, reduce dan recycle memang bukan hal mudah. Disampaing merubah perilaku pribad secara frontal. Kita juga dituntut untuk membuat seseorang lebih peduli lingkungan. 


Tidak ada komentar: